All About Korean Music and Korean Drama Lovers

ad
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Zaitun Time Series, Winner dalam Ajang INAICTA 2009

Share
Sekali lagi prestasi tingkat nasional diraih oleh insan BPS. Uniknya, prestasi kali ini pada bidang Teknologi Informasi. Pencapaian ini bisa menjadi tonggak membaiknya kembali citra BPS sebagai instansi pembina jabatan pranata komputer. Sebuah software analisis data time series karya alumni Komputasi Statistik STIS angkatan-45 memperoleh predikat Winner dalam Indonesian ICT Award 2009 untuk kategori Research and Development. Tim pengembang Zaitun Time Series pun berhak mendapatkan hadiah berupa piala, piagam dan sejumlah uang jutaan rupiah.

Indonesian ICT Award 2009 adalah acara akbar berskala nasional yang diselenggarakan komunitas teknologi informasi dan komunikasi di tanah air, dengan dukungan penuh dari Departemen Komunikasi dan Informatika, yang bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap karya-karya terbaik bangsa di bidang telematika. Acara ini diikuti oleh 700 peserta dalam 18 kategori perlombaan, terdiri atas 10 kategori profesional dan 8 kategori student. Pada 28-29 Juli 2009, lima nominator dari masing-masing kategori mengadakan pameran dan presentasi hasil karyanya di Jakarta Convention Center. Mereka memperebutkan total hadiah senilai 1 Milyar rupiah.

Zaitun Time Series (ZTS) adalah aplikasi yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pengguna melakukan analisis terhadap suatu data time series serta melakukan prediksi/peramalan terhadap data tersebut. Zaitun Time Series pertama kali dikembangkan oleh tim ”Time Series” sebagai tugas akhir pada jenjang pendidikan DIV di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Jakarta Tahun 2007. Tim ini beranggotakan beberapa mahasiswa jurusan komputasi statistik STIS, yaitu Almaratul Sholihah, Muhamad Fuad Hasan, Rismawaty, Wawan Kurniawan, Aris Wijayanto, Dewi Andriyanti.

Versi awal Zaitun Time Series (versi 0.1.1) selesai pada bulan Agustus 2008, dan di bulan Oktober 2008 Zaitun Time Series diperkenalkan ke publik melalui site http://www.zaitunsoftware.com , dan dapat diunduh secara gratis. Saat ini, versi terakhir Zaitun Time Series adalah versi 0.1.4.

Zaitun Time Series adalah aplikasi yang didesain untuk analisis statistik terhadap data time series. Aplikasi ini menyediakan cara yang mudah dalam pemodelan dan peramalan data time series.

Berbeda dengan kebanyakan aplikasi time series lainnya, Zaitun Time Series adalah aplikasi time series yang gratis, mudah digunakan, user friendly, dan dapat digunakan untuk kepentingan apapun. Zaitun Time Series juga menyediakan berbagai analisis statistik dan neural network, serta alat bantu grafis yang akan membuat pekerjaan dalam menganalisis data time series menjadi lebih mudah. Analisis statistik dan neural networks antara lain: Trend Analysis, Decomposition, Moving Average, Exponential Smoothing, Correlogram, dan Neural Networks. Sedangkan alat bantu grafisnya antara lain: Time Series Plot, Actual and Predicted Plot, Actual and Forecasted Plot, Actual vs Predicted Plot, Residual Plot, Residual vs Actual Plot, dan Residual vs Predicted Plot.

Hingga kini, Zaitun Time Series terus dikembangkan lebih lanjut oleh developer team yang terdapat di www.zaitunsoftware.com . Tim pengembang yang masih aktif sampai sekarang adalah Rizal Zaini Ahmad Fathony (core developer, staf IPDS BPS Kab. Rokan Hilir), Suryono Hadi Wibowo (BPS Kab. Ende, Flores), dan Lia Amelia (BPS Provinsi Sumatera Selatan). Amin Rois Sinung Nugroho (ARSN, BPS Kab. Selayar, Sulawesi Selatan) berinisiatif meliput dan mewawancarai Rizal Zaini Ahmad Fathony (RZAF) untuk Varia Statistik BPS dan Buletin Statistika STIS. Berikut petikan wawancaranya:

ARSN: Kenapa dinamakan Zaitun?
RZAF: Awalnya kami ingin menamai software kami dengan nama buah. Pilihan kami jatuh ke Zaitun yang berdasarkan literatur mempunyai banyak manfaat. Kami berharap software ini juga bisa banyak
bermanfaat untuk masyarakat luas tidak hanya di dalam negeri tapi juga di seluruh dunia.


ARSN: Dari mana munculnya ide untuk membuat ZTS?
Dulu, awalnya saya ingin membuat skripsi berupa sebuah aplikasi statistik yang 'all in one' dimana mulai dari pengentrian data sampai analisis bisa dilakukan di aplikasi itu. Sampai akhirnya salah satu dosen saya, Firdaus, MBA, menawarkan topik time series yang akan melibatkan beberapa mahasiswa.
Setelah itu, saya mulai mencari referensi tentang time series. Saya kemudian tertarik untuk mengembangkan aplikasi time series, karena melihat akan ada peluang aplikasi saya nantinya akan bermanfaat bagi orang banyak.
Konsentrasi skripsi saya di Neural Network dan Algoritma Genetika untuk peramalan time series. Setelah membaca referensi-referensi yang berkaitan, saya mencoba berkonsultasi dengan pakar-nya yaitu Dr. Muchamad Romzi. Akhirnya saya mengajukan topik tersebut dengan pembimbing Dr. Muchamad Romzi. Enam orang tim time series dibimbing oleh 5 dosen berbeda.Tapi alhamdulillah dengan kekompakan, kami bisa menyelesaikan dengan baik.

ARSN: Apa manfaat program ini bagi masyarakat Indonesia? Bagaimana potensi penggunaan program ini bagi publik?
RZAF: Manfaat yang dapat diperoleh bagi masyarakat Indonesia dan juga dunia diantaranya masyarakat dapat memenfaatkan Zaitun Time Series secara gratis untuk diterapkan pada data-data time series yang mereka miliki.
Potensi pengunaan program ini bagi publik sangat luas, karena data time series yang tersebar di berbagai bidang. Penggunaannya terutama bagi praktisi yang berkecimpung dengan data-data time series dan peramalan serta dari kalangan akademis.

ARSN:Apa saja kesan dan pesan Anda terhadap pelaksanaan lomba ini?
RZAF: Alhamdulillah dengan tekad yang kuat kami tetap berusaha untuk berkompetisi di INAICTA kali ini walau harus dengan biaya sendiri. Semua biaya dalam acara ini memang kami tanggung sendiri. Mulai dari awal penjurian, transport ke Jakarta dari daerah, biaya pembuatan stand/booth pada saat eksibisi (semua nominator diwajibkan membuat stand).
Kami sangat bangga bisa berpartisipasi dalam acara ini. Produk-produk yang diajukan pada INAICTA merupakan karya-karya terbaik di bidang TI Indonesia dengan kualitas yang bagus. Wah, seru banget lombanya, karena ini memang ajang aktualisasi diri segala komponen masyarakat, baik dari perorangan, kelompok, institusi pendidikan, lembaga riset, bahkan perusahaan, semua saling beradu kreativitas di sini.

ARSN: Apa yang diharapkan dengan mengikutsertakan produk ini ke INAICTA 2009?
RZAF: Harapan kami dengan mengikutsertakan Zaitun Time Series ke INAICTA 2009 adalah untuk lebih memperkenalkan produk ini ke masyarakat luas. Kami sangat berharap produk ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas, dan juga oleh kalangan akademis (mahasiswa atau dosen) di universitas-universitas. Kami juga berharap akan ada pihak-pihak atau sponsor yang membantu kami untuk lebih mengembangkan Zaitun Time Series kedepan sesuai roadmap yang telah dibuat.

ARSN: Apa saja kendala yang dihadapi dalam pembuatannya dan selama portal ini diluncurkan?
RZAF: Kendala yang kami hadapi dalam pembuatan salah satunya kami agak kesulitan dalam mencari referensi ilmiah, terutama dari segi konsep statitsik dan komputasinya. Alhamdulillah berkat bantuan dari berbagai pihak, akhirnya kami bisa menyelesaikan aplikasi ini.
Selama portal diluncurkan, kendalanya diantaranya adalah untuk pendistribusian software nya. Zaitun Time Series belum banyak dikenal. Kami hanya menggunakan website saja untuk pendistribusiannya. Kendala lainnya adalah kesibukan anggota tim (yang masing-masing mempunyai aktivitas sendiri-sendiri) yang seringkali memperlambat pengembangan Zaitun Time Series selanjutnya.

ARSN: ZTS ini dibangun dengan teknologi apa?
RZAF: ZTS didevelop menggunakan bahasa pemrograman C# dan platform .NET. Sedangkan untuk IDE (Integrated Development Environment)-nya kami menggunakan versi gratis Microsoft Visual C# 2005 Express Edition. Kami juga menggunakan beberapa komponen pendukung dengan lisensi LGPL. Kami sengaja memilih komponen berlisensi LGPL karena lebih fleksibel.
(LGPL atau Lesser GNU General Public License adalah salah satu jenis lisensi open source yang banyak dipakai untuk pustaka/library. Lisensi ini dianggap fleksibel karena mengizinkan developer untuk menggunakannya dalam program yang dilisensikan propietary atau non-open source. Misalnya Microsoft Office yang propietary-berbayar ternyata menggunakan zlib, sebuah pustaka kompresi open source berlisensi fleksibel)

ARSN: Wah, ternyata ZTS juga menggunakan komponen open source. Bagaimana pandangan anda mengenai penggunaan aplikasi Free dan Open Source di BPS?
RZAF: Pengunaan aplikasi FOSS (Free and Open Source Software) di suatu organisasi bisa
menjadi solusi untuk mengurangi ketergantungan terhadap sofware berbayar dan mengurangi pembajakan software yang saat ini masih banyak terjadi di BPS. Penerapan FOSS di BPS bisa dilakukan secara bertahap. FOSS tidak selalu berarti Linux atau under Linux. Bagi mereka yang masih membutuhkan Windows, bisa mulai menggunakan aplikasi FOSS yang berbasis Windows.
Saya rasa untuk tahap awal itu baik dan feasible untuk dilakukan di BPS.

ARSN: Penghargaan apa saja yang sudah diterima oleh ZTS?
RZAF: 1) Softpedia 100% Clean Award, Softpedia menjamin bahwa Zaitun Time Series 100% bersih, yang berarti tidak mengandung malware, spyware, virus, trojan atau backdoor. 2) Free Download Manager User Choice Award, Award ini diterima dari website Free Download Manager, karena Zaitun Time Series dipilih untuk didownload oleh pengunjung website Free Download Manager.

ARSN: Apa saja strategi Zaitun Time Series ke depan?
RZAF: Untuk pengembangan Zaitun Time Series kedepan, kami telah menetapkan roadmap pengembangan Zaitun Time Series kedepan. Tentunya kami juga akan terus mengakomodir masukan-masukan dari pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Kami berencana menambahkan model statistik, model neural network, peramalan otomatis, koneksi ke database eksternal, dan live stock market.
Strategi pemasarannya, kami masih akan menggunakan website sebagai media utama interaksi antara tim pengembang dengan pengguna Zaitun Time Series, karena website akan lebih memudahkan interaksi terhadap pengguna di seluruh dunia. Tentunya kami akan mencoba meningkatkan kualitas website Zaitun Time Series. Kami juga menerima secara terbuka, siapa saja yang tertarik untuk membantu mengembangkan ZTS secara serius.

ARSN: Ada rencana untuk menjual ZTS dengan biaya lisensi?
Zaitun Time Series saat ini didistribusikan secara gratis. Untuk saat ini, kami masih memilih untuk membebaskan siapa saja menggunakan software ini untuk kepentingan apa saja. Pengguna dapat mengunduh aplikasi Zaitun Time Series dan manual penggunaannya secara gratis di http://www.zaitunsoftware.com atau di berbagai web-web download seperti www.download.com dan www.softpedia.com .

ARSN: Berharap Zaitun digunakan di BPS?
Tentu. Saat ini, Zaitun Time Series sudah didownload oleh lebih dari 43.000 kali. Sekitar 20 persennya berasal dari dalam negeri. Kebanyakan pengguna yang mengunduh (download) berasal dari luar negeri. Kami sangat memimpikan ZTS ini bisa bermanfaat lebih banyak juga di dalam negeri dan juga kami berharap ZTS bisa dipakai di Instansi Statistik terbesar di negeri ini dan juga Instansi tempat saya bekerja yaitu BPS. Menjadi suatu kebanggaan tersendiri bila ZTS bisa dipakai di BPS.

ARSN: Bagaimana pandangan Anda mengenai perkembangan TI di BPS?
RZAF: Belum ada blueprint TI yang jelas. Bila ada blueprint, bisa dicapai kesamaan visi TI di semua bagian BPS. Sehingga implikasinya, nantinya akan memudahkan untuk integrasi data, pengembangan data warehouse untuk BPS yang core business-nya di bidang data. Jika data-data BPS bisa terintegrasi dalam suatu datawarehouse, nantinya masyarakat pengguna data akan dapat dilayani dengan prima. Seseorang yang akan membutuhkan data cukup mengakses media tertentu seorang yang akan membutuhkan data cukup mengakses interface tertentu yang berbasis website.
Mereka bisa dengan mudah meng-customize data yang akan mereka request, sistem akan menampilkan data sesuai yang di minta pengguna beserta pendukungnya (seperti grafik atau peta).
Google Finance mungkin bisa sebagai contoh untuk data-data series. Pengguna dapat dengan mudah mengkustomisasi data-data pergerakan saham sesuai yang mereka butuhkan. Hal itu sangat memungkinkan dikembangkan jika keberadaan datawarehouse telah ada.

ARSN: Apa pesan Anda untuk mahasiswa komputasi statistik STIS?
RZAF: Jangan terpaku pada mata kuliah yang ada. Tambah wawasan mengenai perkembangan teknologi di luar. Barangkali perlu juga dibentuk semacam forum untuk belajar bersama saling mengisi. Misalnya sekarang sudah ada Komputasi.NET, mungkin bisa lebih diramaikan lagi. Bergabunglah dengan komunitas di luar kampus. Saya sendiri misalnya bergabung dengan beberapa komunitas developer C#, softcomputing, dan data mining.

Sebagai penutup, ada satu hal yang menarik. Meski sudah mencapai prestasi seperti ini, sahabat kental saya ini masih tetap tidak bisa meninggalkan menu favoritnya: telur dadar dan tempe goreng. Sampai suatu hari di acara Ratek, RZAF harus memesan sendiri menu favoritnya itu ke petugas hotel. Karena rupanya menu tersebut tidak ada. Karena petugas hotel meminta biaya tambahan, RZAF lalu menghubungi panitia. Akhirnya panitia menjelaskan kepada petugas hotel bahwa menu tersebut akan ditanggung oleh panitia. Tidak berapa lama, RZAF pun bisa menikmati menu favoritnya.

Semoga cerita ini mampu memberi kita semangat untuk terus berkarya tanpa terbelenggu oleh kesibukan pekerjaan di BPS.


* Liputan ini diolah dan ditulis oleh Amin Rois Sinung Nugroho dengan sumber data sebagai berikut:
1. wawancara dengan Rizal Zaini Ahmad Fathony via email dan Yahoo Messenger
2. situs resmi Zaitun Time Series, www.zaitunsoftware.com
3. situs resmi ajang INAICTA, www.inaicta.web.id
4. blog milik RZAF, rizalzaf.wordpress.com
5. wawancara media online www.teknopreneur.com dengan RZAF

klik aja deh

1 Comments:

Tinggalkan Komentar Anda [ Kotak Komentar Lama ]

Please Comment if Downloading ^^

Don't forget to write your name

Next previous
Related Posts with Thumbnails
ad

Be My Friends

My Followers

Popular Post

There was an error in this gadget

Site Info


PageRank Checking Icon
Music Blogs - Blog Rankings Bloggers & Blogging Blogs - BlogCatalog Blog Directory Music Blogs
Join My Community at MyBloglog!
Add to Technorati Favorites
Entertainment Music blogs Top Blogs tips, trik, share, infonet, music, download, komputer, computer, tutorial blogarama - the blog directory Blog Directory & Search engine Hihera.com GoLedy.com Blog Directory

Popular Posts

Say Hi or PM me

Blog Kita on Facebook

Tag's Cloud

Archive

There was an error in this gadget

Link Exchange

Favicon1 -Leave your comment at this blog or on say hi box to exchange link and banner then copy this banner code:

K-Links

back to top